Gejala Batu Ginjal Pada Wanita Dan Pria

Gangguan batu ginjal bukanlah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, perlu dilakukan penanganan yang serius utamanya jika sudah menimbulkan gejala, dan berikut adalah beberapa gejala batu ginjal pada wanita dan pria yang mesti segera diatasi jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalaminya.

Gejala Batu Ginjal

Gejala Batu Ginjal Pada Wanita Dan Pria

Penyakit batu ginjal adalah kondisi dimana adanya masa keras seperti batu di ginjal tepatnya disaluran ginjal yang terbentuk dari penempukan mineral dan garam yang mengendap sehingga lama kelamaan membetuk masa yang keras seperti batu.

Penyebab utama dari terjadi endapan batu diginjal adalah makanan dan masalah kesehatan lain yang mendasarinya seperti : hiperkalsiuria ( kelebihan kalsium), asam urat tinggi, infeksi saluran kemih dan sistin.

Selain makanan dan kondisi medis tertentu, batu ginjal juga bisa muncul disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti :

  • Kurang minum air putih
  • Riwayat kesehatan keluarga
  • Mengalami obesitas
  • Mengonsumsi obat-obatan, misalnya diuretik, aspirin, antibiotik, antasid, serta beberapa obat antiepilepsi dan antiretroviral
  • Efek samping operasi terhadap organ pencernaan

Jumlah dan ukuran masa keras tersebut bisa berbeda-beda mulai dari ukuran yang kecil hingga besar dan bisa berjumlah lebih dari satu.

Jika ukuran batu ginjal kecil maka biasanya jarang menimbulkan keluhan atau gejala bahkan bisa hilang dengan sendirinya karena terbawa oleh air seni tanpa disadari.

Sebaliknya jika ukuran batu ginjal sudah besar maka akan menimbulkan keluhan atau gejala pada orang yang mengalami dan kondisi tersebut perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan yang segera, karena jika tidak bisa menimbulkan komplikasi.

Komplikasi yang mungkin terjadi ketika ukuran batu ginjal sudah besar adalah dapat menyebabkan terjadinya infeksi ginjal (pielonefritis) hingga kerusakan permanen pada ginjal ( gagal ginjal ).

Mengingat batu ginjal bisa menimbulkan komplikasi serius maka segera lakukan tindakan pengobatan yang cepat dan tepat jika anda atau orang terdekat anda mengalami gejala batu ginjal.

Gejala Batu Ginjal Yang Harus Segera Diatasi

Jika sudah menimbulkan gejala batu ginjal itu artinya batu ginjal sudah berukuran besar karena seperti apa yang telah kami singgung diatas ukuran batu ginjal yang kecil tidak akan menimbulkan gejala.

Gejala batu ginjal muncul karena tertahannya batu didalam ginjal atau ureter sehingga menyebabkan timbulnya infeksi.

Ureter adalah saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Bentuk organ ini menyerupai tabung dengan struktur jaringan yang sensitif.

Ketika batu ginjal yang besar melewati ureter, batu tersebut akan bergesekan dengan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan berisiko melukai.

Dan berikut ini adalah beberapa keluhan atau gejala batu ginjal yang muncul jika ukuran batu ginjal sudah besar, yakni :

1). Nyeri Perut Hebat Dan Bersifat Menetap

Gejala batu ginjal yang paling umum dan mudah dikenali adalah penderita biasanya mengalami nyeri perut tak tertahankan utamanya diperut bagian samping, punggung bagian bawah, pinggang, selangkangan, atau bahkan testis (pada pria).

Nyeri tersebut bisa bersifat menetap dan hilang timbul, timbulnya nyeri bermula ketika batu ginjal masuk kedalam ureter dan memblok jalan urine sehingga lama kelamaan ginjal akan tertekan, tekanan tersebut mengaktifkan saraf pengirima rasa sakit ke otak.

2). Nyeri Saat Buang Air Kecil

Penderita batu ginjal bisa mengalami nyeri tajam atau sensasi terbakar pada saat buang air kecil. Rasa nyeri yang timbul akan semakin menjadi jika terjadi infeksi di saluran kemih.

Timbulnya nyeri atau sakit saat buang air kecil karena batu ginjal mulai terbawa masuk ke saluran ureter ( saluran ginjal ) dan uretra ( saluran kemih ).

3). Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Seseorang yang memiliki batu di ginjalnya akan lebih sering buang air kecil dimana keinginan buang air kecil akan data sepanjang hari hingga siang dan malam. Namun air seni yang keluar akan lebih sedikit dibandingkan dengan orang normal. Hal tersebut terjadi karena terjadi penyumbatan pada saluran kemih akibat batu ginjal.

Dalam kasus yang lebih parah penderita batu ginjal tidak bisa buang air kecil sama sekali akibat tersumbat, kondisi ini perlu mendapatkan penanganan yang sesegera mungkin.

4). Darah Dalam Urine

Jika kondisi semakin parah gejala batu ginjal yang muncul adalah urine berdarah, hal tersebut ditandai dengan warna urine berubah menjadi merah muda hingga coklat, dalam dunia medis kondisi tersebut disebut dengan hematuria.

Hematuria muncul sebagai akibat dari batu empedu telah melukai ginjal atau ureter.

5). Urine Menjadi Keruh Dan Bau

Selain warna yang berubah, tingkat kejernihan urina juga bisa berubah berikut bau yang ditimbulkan dimana urine akan berwarna keruh dengan bau busuk menyengat. Hal tersebut menunjukan bahwa batu ginjal telah mengakibatkan infeksi saluran kemih.

6). Demam Mual Dan Muntah

Sama seperi kasus infeksi lainnya, gejala batu ginjal juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami demam disertai mual dan muntah. Hal tersebut muncul sebagai reaksi tubuh terhadap nyeri dan infeksi yang terjadi sehingga berpengaruh pada suhu dan pencernaan.

Itulah beberapa kondisi yang menunjukan gejala batu ginjal, dianjurkan segera memeriksakan diri kepada dokter serta melakukan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat jika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan dan temukan pada orang terdekat anda.

( Baca : Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi )

Hal tersebut bertujuan agar penyakit batu ginjal lebih mudah diatasi dan tidak menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat merusak ginja sehingga bisa berakibat fatal.

Demikianlah informasi tentang gejala batu ginjal ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah menyimak artikel singkat kami dan salam sehat.

sumber materi :

www.alodokter.com/batu-ginjal

3 thoughts to “Gejala Batu Ginjal Pada Wanita Dan Pria”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *