Bahaya Batu Ginjal Bagi Tubuh

Untuk anda penderita batu ginjal, berikut ini adalah bahaya batu ginjal bagi tubuh jika tidak diatasi secara tuntas utamanya jika ukuran batu ginjal sudah besar.

bahaya batu ginjal

Bahaya Batu Ginjal Bagi Tubuh

Penyakit batu ginjal adalah kondisi dimana adanya material keras seperti batu dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat limbah dalam darah yang disaring oleh ginjal yang lama kelamaan mengendap dan mengkristal.Penyebabnya bisa karena makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasarinya.

Jika ukuran batu ginjal masih sangat kecil maka tidak akan menimbulkan dampak apa-apa bagi kesehatan bahkan batu bisa keluar secara alami dengan mudah melalui ureter ( saluran penghubung antara ginjal dengan kantung kemih ).

Sebaliknya, jika ukuran batu ginjal sudah besar maka barulah bisa menimbulkan gejala atau keluhan pada penderitanya, gejala batu ginjal yang umumnya terjadi adalah berupa :

  1. Timbul nyeri pada bagian belakang sekitar tulang rusak yang terjadi secara berulang
  2. Nyeri berputar dibagian perut bawah hingga pangkal paha
  3. Sakit pada saat buang air kecil
  4. Warna urin berubah menjadi lebih keruh, coklat kemerahan atau disertai darah
  5. Urine berbau busuk
  6. Volume urin berkurang
  7. Frekuensi buang air kecil meningkat
  8. Mual dan demam disertai muntah

Segera lakukan tindakan yang cepat dan tepat jika beberapa keluhan tersebut mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda, kondisi tersebut menunjukan bahwa anda atau orang terdekat anda menderita penyakit batu ginjal yang perlu mendapatkan penanganan segera.

Karena jika dibiarkan tanpa pengobatan yang cepat dan tepat penyakit batu ginjal bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Bahaya batu ginjal akan muncul ketika batu ginjal sudah menyumbat saluran kemih dimana kondisi tersebut bisa menyebabkan terbendungnya aliran kemih yang berimbas pada menurunnya fungsi penyaringan ginjal hingga fungsi penyaringan ginjal tidak bekerja sama sekali.

Jika kondisi tersebut sudah terjadi maka akan terjadi penumpukan zat racun dalam tubuh yang ditandai dengan muntah.

Selain itu batu ginjal yang berlangsung lama juga bisa mengakibatkan kerusakan ginjal secara permanen, akibatnya ginjal tidak mampu bekerja sama sekali dan penderita harus melakukan cuci darah ( hemodialisis ) seumur hidupnya.

Selain menyebabkan kerusakan ginjal, bahaya batu ginjal juga bisa mengakibatkan penderita mengalami infeksi saluran kemih yang sulit untuk disembuhkan dan lama kelamaan bisa menginfeksi ginjal hingga memicu timbulnya kanker dikemudian hari.

Dan yang paling berbahaya dari penyakit batu ginjal karena komplikasi yang ditimbulkan adalah terjadinya penyebaran bakteri penyebab infeksi ke aliran darah sehingga infeksi terjadi diseluruh bagian tubuh, kondisi ini bisa mengancam jiwa jika tidak diatasi dengan segera.

Untuk itu sangat penting bagi anda penderita batu ginjal untuk melakukan penanganan dan pengobatan yang serius hingga tuntas agar terhindar dari bahaya batu ginjal tersebut. ( Obat Penghancur Batu Ginjal Terbaik )

Demikianlah informasi tentang bahaya batu ginjal bagi tubuh ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel singkat ini silahkan berikan komentar pada kolom yang telah disediakan jika anda ingin berkonsultasi dengan kami.

Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat, sekecil apapun kebaikan yang anda lakukan pastikan akan mendapatkan balasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *